Header Ads

Gerakan Penanggulangan Pengangguran


Kementerian Ketenaga Kerjaan (Kemenaker), Sebagai upaya untuk menanggulangi masalah pengangguran di Indonesia, pemerintah dalam hal ini Kemenaker melakukan kegiatan untuk dapat menarik berbagai pihak khusus para pengusaha, investor maupun masyarakat luas bersama-sama menanggulangi pengangguran, karena pengangguran semata-mata bukan hanya tanggung jawab pemerintah akan tetapi merupakan tanggung jawab bersama segenap komponen bangsa.

Menekan angka pengangguran, Kemenaker akan menggelar program aksi gerakan penanggulangan pengangguran (GGP). Program aksi ini dituangkan dalam 2 kegiatan yakni Job Fair dan berikutnya Gelar Potensi UKM. Menteri Ketenaga Kerjaan (M. Hanif Dhakiri) menyampaikan, program aksi ini merupakan langkah nyata Pemerintah mengatasi kemiskinan khususnya dalam mengurangi angka pengangguran.“Langkah ini untuk meminimalisir kemiskinan, khususnya penggangguran” ungkapnya. 

Hanif Dhakiri berharap, para pencari kerja dapat memaksimalkan kesempatan ini. Sebab, Job Fair ini diharapkan dapat menjadi peluang baru, khususnya bagi pencari kerja yang selama ini belum beruntung ditampung kerja.

Jumlah pengangguran terbuka di Indonesia terus meningkat. Tahun 2010 jumlah penganggur terbuka 10,8 juta jiwa atau 6,1% dari total angkatan kerja meningkat menjadi 15,3 juta jiwa atau 9,9% dari angkatan kerja pada tahun 2014. Meningkat lagi pada tahun 2015 yaitu 18,6 juta jiwa penganggur atau 10,21 % dari jumlah angkatan kerja.

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.