Header Ads

Gelar Prosesi Serah Tinampen Panji Jalabumi Wijaya Kusuma Cakti Cilacap Di Anjungan Jawa Tengah TMII Jakarta


 Dalam rangka Promosi budaya dan promosi potensi daerah Jawa Tengah, Badan Penghubung Provinsi Jawa Tengah di Anjungan Jawa Tengah TMII Jakarta menggelar Pentas Duta Seni Kabupaten Cilacap pada hari Minggu, 9 Juli 2017 mulai pukul 10.00 WIB.
Kali ini Kabupaten Cilacap menampilkan Gelar Prosesi dan Kirab Lambang Daerah “Serah Tinampen Panji Jalabumi Wijaya Kusuma Cakti Cilacap”. Menurut Kepala Dinas Pemuda Olah Raga dan Pariwisata Kabupaten Cilacap Murniyah, S.Pd., M.Pd. “Lung Tinampen” Panji Jalabumi Wijaya Kusuma Cakti Cilacap, merupakan prosesi penyerahan Lambang Daerah Kabupaten Cilacap dari Ketua DPRD Kabupaten Cilacap kepada Bupati Cilacap sebagai representasi dari Masyarakat Cilacap kepada Bupati Cilacap, yang dikemas menjadi sebuah karya seni pertunjukan.

Gelar prosesi ini di Sutradarai RT. Djarmo Dwijo Dipuro dengan menggandeng Sanggar Olah Seni Katemenggungan, Sanggar Seni Bangkit Budaya serta Paguyuban Karawitan Cahyo Laras. Gunungan hasil bumi dikirab mengelilingi Taman Mini “Indonesia Indah” dengan dikawal Prajurit – prajurit, hal ini menjadi pusat perhatian pengunjung dan gunungan hasil bumi diperebutkan oleh Pengunjung Anjungan Jawa Tengah.
Kepala Sub Bidang Promosi dan Informasi Retno Palupi, S.E., M.M. dalam hal ini mewakili Kepala Badan Penghubung Provinsi Jawa Tengah mengungkapkan Pergelaran Pentas Duta Seni Kabupaten / Kota se – Jawa Tengah dalam rangka Nguri – uri budaya Jawa Tengah dan sebagai sarana promosi potensi daerah di Jakarta.
Dalam kesempatan ini hadir pula Wakil Ketua DPRD dan Sekretaris Komisi B DPRD Kabupaten Cilacap turut memberi dukungan dalam upaya melestarikan budaya Kabupaten Cilacap Promosi Potensi Unggulan di Jakarta ini, Paguyuban Jawa Tengah, Paguyuban Kabupaten / Kota se Jawa Tengah di Jabodetabek serta dukungan Paguyuban Masyarakat Cilacap di Jakarta menambah semaraknya Pergelaran ini.
Dalam hal ini Leles Sudarmanto sebagai pemerhati pelestarian kebudayaan dan juga ketua umum PAKARI sangat mengapresiasi acara pagelaran tersebut.Beliau berharap dengan adanya acara ini dapat mengangkat kebudayaan indonesia salah satunya budaya dari jawa tengah ini.Pameran produk Unggulan yang dibawa diantaranya Pameran Makanan Khas, Pameran Batik, Pameran Kerajinan, Pameran Kuliner Cilacap.






Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.