Header Ads

Keistimewaan Taman Nasional Komodo


Siapa yang tidak tahu dengan keistimewaannya Taman Nasional Pulau Komodo salah satu taman nasional di Indonesia yang terletak di Kepulauan Sunda di wilayah perbatasan antara provinsi Nusa Tenggara Timur dan Nusa Tenggara Barat. Taman nasional ini mencakup tiga pulau besar, yaitu Komodo, Padar dan Rinca, dan 26 pulau yang lebih kecil, Total luas Taman Nasional Komodo 2.321 km² meliputi wilayah daratan sekaligus lautan dan udara.. Taman nasional ini didirikan pada tahun 1980 untuk melindungi komodo, kadal terbesar di dunia. Kemudian didedikasikan untuk melindungi spesies lain, termasuk spesies laut. Pada tahun 1991 taman nasional ini dinyatakan sebagai Situs Warisan Dunia UNESCO. Taman Nasional Komodo telah dipilih sebagai salah satu dari 7 Keajaiban Dunia. Pulau ini merupakan habitat asli hewan komodo. Beribu – ribu hewan komodo hidup dan berkembangbiak disini.

Komodo dalam bahasa latin “ Varanus komodeonensis ” adalah spesies yang langka dan hampir punah. Habitat hewan ini di alam terbuka. Mereka bisa hidup di padang rumput (savanna), pantai berpasir putih,dan hutan hujan. Merupakan hewan reptil ukuran yang sangat besar hingga bisa mencapai panjang 3 meter. Berat badan komodo dewasa berkisar antara 100 hingga 200 kilogram. Komodo memiliki bentuk tubuh seperti hewan purba, berkuku tajam, bersisik, dan lidah bercabang yang suka ia julurkan. Komodo masuk dalam kategori hewan predator. Namun tak perlu khawatir karena hewan ini masih tergolong predator yang sabar dan bukanlah pemburu yang aktif. Hanya memerlukan satu gigitan dari komodo untuk melumpuhkan mangsa. Namun mereka tidaklah rakus, kerena mangsa yang didapatkannya tak akan sekali habis. Ia akan memakannya hingga berhari – hari.
Tidak perlu takut untuk datang kepulau ini meskipun banyak komodo di pulau ini para wisatawan lokal atau mancanegara yang berwisata ke taman nasional pulau komodo akan di dampingi oleh “Jagawana” sebutan pawang pada masyarakat setempat.Jadi wisatawan hanya perlu mengikuti arahan yang di instruksikan oleh   jagawana tersebut.

Tidak hanya hamparan padang savanna yang dikelilingi oleh hewan purba komodo, namun anda juga akan menyaksikan lautan pasir putih yang elok ditambah dengan hiasan batu karang serta deburan ombak yang menyapu tepian pantai. Air yang jernih nan biru akan membuat ketenangan dan menambah semangat baru dalam hidup. Sinar matahari yang menyapa sekaligus menambah keelokan pantai.

Snorkeling dan diving juga dapat kita lakukan di taman nasional pulau komodo ini karena pulau ini menyugukan wisata bawah air yang sangat menarik dan memanjakan mata yang tidak boleh terlewatkan.

Taman Nasional Komodo merupakan tempat menyelam yang terbaik di dunia. 385 spresies trumbu karang, hiasan rumput laut, 70 macam bunga karang, serta ribuan spesies ikan sedang menunggu anda. Bukan hanya itu, anda juga akan bertemu dengan berbagai macam jenis hiu dan ikan pari, penyu hijau, 6 spesies paus, dan 10 jenis lumba – lumba.

Untuk bisa mudah sampai ketaman ini anda bisa melawati jalur udara karena jalur udara yang paling mudah dan tidak memakan waktu yang lama dimulai dari bandara Juanda, Surabaya lalu transit  menuju ke Nusa Tenggara Timur (NTT) tepatnya di bandara Eltari yang ada di kota Kupang, Flores. Waktu tempuh hanya sekitar 2 jam saja. Sesampainya disana, Anda lanjutkan perjalanan ke pelabuhan di pulau Flores. Dan menyebrang untuk bisa sampai ke tempat tujuan. Namun jika Anda start dari Bali. Anda cukup dari bandara Ngurahrai, Bali menuju Labuhan Bajo langsung yang merupakan bandara pulau komodo.
Uang itu bisa dicari, tapi kesempatan buat pergi dan menikmati liburan di pulau Komodo itu nggak selalu ada.

Jadi tunggu apa lagi, saatnya berkunjung ke Pulau komodo.
Info mengenai kepariwisataan indonesia silahkan kunjungi website pesonaindonesia.com #pesonaindonesia2019

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.